Monday, May 29, 2006

merapi n gempa bumi yogya

Apa yang terjadi dengan Jawa bagian tengah n Selatan? Sepertinya musibah datang bertubi2 pada mereka. Setelah ditakutkan dengan besarnya letusan merapi, saat mereka belum sempat menghirup udara barang sesaattiba2 sabtu pagi diguncang gempa bumi yang menimbulkan kerugian besar baik secara materi n jiwa.

Siang itu, ditengah liburan panjang saya, tiba2 ada sms masuk..ada gempa di yogya..tiba2 saja saya yang beberapa hari menghindari televisi mulai mencari remote karena penasaran dengan besarnya gempa yang terjadi. Menurut kawan yang sms, gempa tersebut menghancurkan rumah mertuanya. Dan salah seorang teman yang kebetulan orang tuanya disanapun mendapat telp kalau akan ada tsunami di Yogya (ini berarti gempa cukup kuat).

Metro TV( biasanya uptodate soal berita) cukup memuaskan keingintahuan soal kondisi yogya (beberapa teman sedang di yogya utk liburan n sekolah). Sampai saat saya menulis blog ini ternyata hampir 5000an org meninggal akibat gempa karena tertimbun oleh bangunan yang roboh. Buat saya, utk ukuran gempa bumi, menelan korban 2000 org saja sudah parah..apalagi ini sampai 5000, pasti sangat2mengenaskan.

Ayah saya bilang, kata tmn2 di kantornya, ini akibat berkelahinya mbah marijan dengan penguasa laut selatan, dan laut selatan yang kalah sehingga terjadi gempa..hahhaha..biasa deh org jawa suka menghubung2kan saja...cukup masuk akal ga ya..:D
Dilain pihak biasanya seorang Gubernur kalau di daerahnya terkena musibah pasti langsung keluar, tapi saya belum melihat Hamengkubuwono X sejak kejadian, hanya satu kali yaitu ketika SBY datang. Sepertinya dia tirakatan untuk kebaikan rakyatnya, maklum saja ia kan juga seorang Sultan.

Tapi saya salut dengan orang jawa, kekeluargaannya masih terlihat. Tanpa menunggu perintah mereka pun langsung turun tangan membantu yang menderita, saling tolong menolong dan langsung mengatur daerahnya masing2.kasihan juga melihat di televisi kalau banyak mbah2 jadi korban. Mereka yang sudah berumur tak punya tenaga lagi untuk menyelamatkan diri jadi banyak yang menderita. Ini juga membuktikan kalau tingkat usia org yogya cukup lama, atau yogya tempat idaman untuk menghabiskan hari tua?Semoga saja org2 yg tertimpa musibah tetap sabar. Selalu ada hikmah pd setiap kejadian.

nb: gaya tulisan mulai berubah nih..maklum belajar menggunakan eyd

No comments: