Saturday, September 29, 2007

Biji Adenium


Salah satu adenium yang ada di rumah berbuah..HORE!!!..saya baru tahu kalau buah adenium itu bentuknya kaya pedang, panjang..dan makin lama kok terlihat makin panjang saja ya..

Tidak menyangka bahwa adenium yang ada dihalaman rumah akan berbuah..Padahal kalau diingat-ingat awal menanam adenium malah ga pernah berbunga karena baik saya maupun nyokap tidak tahu bagaimana cara merawat tanaman tersebut..Kebetulan nyokap dapat tanaman itu dari temannya..Belakangan baru saya membaca perawatan adenium di toko buku, barulah saya tahu kalau tanaman tersebut bagus ditaruh di tempat yang panas (terkena sinar matahari langsung)..Barus etelah dipindahkan dia mau berbunga..

Belajar dari buku juga..nanti kalau buahnya mulai menguning maka diikat dengan tali supaya ketika buah meletek bijinya tidak terbang dan menyebar ke mana-mana karena kabarnya bijinya seperti bunga rumput..
bunga adenium
Kingdom: Plantae
Division: Magnoliophyta
Class: Magnoliopsida
Order: Gentianales
Family: Apocynaceae
Genus: Adenium
Species: A. obesum

bonggol ular atau lele?

Membutuhkan cahaya matahari yang cukup tinggi, karena tanaman ini dapat maksimal pertumbuhannnya jika di tempat panas. Cukup disiram dengan air 2 hari sekali..Sama seperti cara merangsang perbungaan tanaman yang lain, maka jangan disiram selama beberapa hari, beri pupuk baru kemudian siram maka bunga akan tumbuh..minimum indoor temperature in winter of 10 °C

bonggol ga jelas

Harga adenium bisa mahal ataupun murah..tergantung dari bentuk bonggolnya..semakin besar dan indah bentuk bonggolnya maka semakin mahalah harga adenium tersebut..seperti gambar diatas yang berbentuk ular atau lele ya..kalau yang dibawahnya ga jelas gambarnya apa..

*saya lupa ambil gambar dari mana..kecuali buah yang saya ambil dari adenium yang ada di halaman rumah

1 comment:

MMLubis said...

Yun ... si Emak minta bibit/bakal tanamannya cenah, hihihihihi .... Nanti dibarter sama rendang :p :p :p