Wednesday, September 05, 2007

Piper betle a.k.a sirih

Kerajaan: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Piperales
Familia: Piperaceae
Genus: Piper
Spesies: P. betle

Di rumah ada 3 jenis sirih..gara2 nyokap yang keterusan beli sirih..heran deh hobby banget nanam macam2 sirih..mending juga mawar atau anggrek..ada sirih buat nginang, kemudian sirih buat mandi..nah yang ini saya heran..emang sirih buat mandi sama nginang beda ya..kirain sama aja gitu..dan yang terakhir itu sirih merah..katanya sih sirih merah ini bisa buat ngobatin penyakit dalam..sirih merah ini dijualnya perdaun..satu daun 15 ribu..pas kemarin beli sih lumayan murah..25 ribu, pohon dengan 4 lembar daun..sekarang sudah lumayan ada sepuluhan daunnya..

Sirih lain yang saya tahu lagi yaitu sirih hitam dan sirih keraton..padahal dulu pas kuliah ya cuma tau satu aja ya si Piper betle itu..

Sirih merupakan Tanaman merambat yang bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan (diambil dari wikipedia)

Sirih banyak sekali manfaatnya..bisa buat antibakteri..Biasanya saya menggunakan air rebusan sirih buat mandi atau membersihkan mata kalau kebetulan mata ini rasanya kotor sekali..Selain itu air rebusan sirih juga bisa dibuat cuci muka untuk menghilangkan jerawat..

Mendpatkan sirih cukup gampang ko..tinggal datang ke pedagang bunga potong atau pedagang yang menjual bunga buat nyekar..pasti ada sirih atau mau lebih gampang membeli penyegar daun sirih yang saat ini banyak diperjual belikan..

No comments: