Monday, March 24, 2008

Tuberculosis

Hari ini diperingati sebagai hari Tuberculosis sedunia..Pada tanggal yang sama beratus-ratus tahun lalu Robert Koch menemukan bakteri penyebab tuberculosis..

Tuberculosis merupakan penyakit berbahaya ke-3 yang menyebabkan kematian di dunia setelah penyakit kardiovaskuler dan penyakit saluran pernapasan, dan merupakan nomor satu dari golongan penyakit infeksi. Saat ini tuberculosis disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dapat menginfeksi sepertiga populasi dunia, setiap detik ada satu orang yang terinfeksi tuberculosis, 1 tetapi hanya bakteri yang aktif yang menyebabkan orang menjadi sakit. Setiap tahunnya sekitar 4 juta penderita tuberkulosis paru menular di dunia, ditambah lagi penderita yang tidak menular. Hal ini menggambarkan setiap tahun di dunia akan ada sekitar 8 juta penderita tuberkulosis paru, dan ada sekitar 3 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. Pada tahun 2000 di kawasan asia Tenggara diduga terjadi lebih dari 3.5 juta penderita baru dan lebih dari 1.3 juta kematian akibat tuberkulosis.

Mycobacterium tuberculosis dgn pewarnaan Ziehl Nielsen

Mycobacterium tuberculosis merupakan bakteri tahan asam, berbentuk batang. Merupakan bakteri aerob obligat yang tumbuh dengan lambat dengan waktu generasi 12 jam atau lebih. Karena pertumbuhannya yang lamban, seringkali kita sulit mendiagnostik tuberculosis dengan cepat. Walaupun mudah mati dengan pasteurisasi, bacillus tuberculosis biasanya resisten terhadap kekeringan, disinfektan dan asam serta basa. Meskipun memiliki dinding sel gram positif, tetapi dinding sel peptidoglikan merupakan lapisan yang tebal yang mengandung komplek glikolipid. Pada Jaringan berbentuk batang, lurus, dan tipis dengan ukuran 0,4- 3 µm. Pada artifial media, berbentuk coccus dan filament. Identifikasi dengan pewarnaan tahan asam karena dinding sel tebal yang terdiri lapisan lilin dan lemak yang mengandung asam mikolat. 2

Gejala penderita Tuberculosis meliputi batuk yang berkepanjangan selama kurang lebih 3 minggu, demam, kehilangan berat badan dengan cepat, berkeringat di malam hari, dan seringkali diproduksi sputum berdarah.

Sumber penularan adalah penderita TB yang dahaknya mengandung kuman TB hidup (BTA (+)). Infeksi kuman ini paling sering disebarkan melalui udara (air borne, droplets infection). Penyebaran melalui udara berupa partikel-partikel percikan dahak yang mengandung kuman berasal dari penderita saat batuk, bersin, tertawa, bernyanyi atau bicara. Partikel mengandung kuman ini (berukuran diameter 1-5 µm) akan terhisap oleh orang sehat dan menimbulkan infeksi di saluran napas

Tuberculosis diobati dengan pemberian antibiotik. Struktur dinding sel mycobacteria yang terdiri atas asam mikolat menyebabkan sulitnya pengobatan dengan antibiotik. Selain itu mycobacteria pertumbuhannya lambat sehingga pengobatan dengan terapi antibiotik membutuhkan waktu yang cukup lama. Terapi yang lama menyebabkan perubahan delivery obat. Seperti pada beberapa bakteri patogen, resistensi yang terjadi pada mycobacteria disebabkan karena terjadinya point mutasi pada kromosom bakteri yang mengakibatkan perubahan target antibiotik. Terapi yang lama pada pengobatan tuberculosis penyebabkan terjadinya resistensi sehingga digunakan kombinasi obat anti tuberculosis sebagai terapi. Ketika obat anti TB digunakan secara tunggal maka resistensi dengan cepat terjadi. Untuk itulah treatmen menggunakan kombinasi obat. Dua obat utama yang digunakan yaitu Isoniazid dan Ripamficin. Obat anti TB lini pertama lainnya yaitu Streptomicyn, ethambutol dan pyrazinamide.

bonus :
bagaimana tuberculosis menular ?

No comments: