Monday, March 03, 2008

Menjelajah dapur

Praktis setelah saya lulus kuliah dan kembali ke rumah, saya tidak pernah memasak lagi kecuali untuk hal- hal kecil seperti masak indomie, menggoreng kalau dititipi kala ibu belanja, nanak nasi, dan masak air. Saya masuk dapur kalau kebetulan bikin puding saat lebaran.

Karena ditinggal nyokap diklat selama kurang lebih 10 hari mau tidak mau saya harus terjun ke dapur..1, 2 hari sih bisa lah beli makan aja lha wong cuma buat sendiri saja..tapi lama-lama kok ya boros dan males keluar cari makannya..

Kalau pagi sih sudah pasti seperti keluarga jawa pada umumnya..bikin teh manis buat bokap plus setidaknya nasi diangetin dan masak air buat persediaan air panas..kalau lauk sih tinggal goreng telur atau bikin mie..

Berhubung sudah lama tidak memasak..paling-paling bantu nyokap nyiangin sayur aja..ga pernah meracik bumbu, maka ketika cari bumbu masak lumayan harus telepon nyokap juga..hihihi..walau tidak pernah menjelajah dapur tapi sebenarnya saya tahu tempat dimana bumbu-bumbu berada...Ketika tak melihat bawang merah saya buru-buru telp nyokap untuk nanya dimana tuh bawang merah, soalnya ga mungkin nyokap ga punya bawang merah..eh ternyata tuh bawang ada di depan mata..maklum saya lupa kalau tuh bawang dalam bentuk gerombolan karena bawang itu didapat dari hasil panen adiknya nyokap..jadi yang terlihat dari luarnya adalah daunnya..

Sudah begitu takaran soal bumbu kayanya perlu dilatih lagi..masa sayur sop saya rasanya hanya enak diawal saja..lama-lama agak pahit gimana gitu..kalau kata nyokap sih kebanyakan merica..tapi pas ditambah air lho kok ya tetap saja..wah harus sering membuat bumbu nih biar bisa kira-kira kalau enak bumbunya semana ya..


No comments: