Saturday, March 29, 2008

Kebun segala ada

Orangtua saya tidak suka tinggal di perumahan..ga mampu beli rumah di perumahan..

Karena punya halaman yang luas (rumahnya kecil) jadilah segala tanaman ada di rumah..Tangan nyokap tuh "dingin" jadi numbuh aja gitu kalau nanam sesuatu..orang dahan yang dia patahin terus ditanam aja numbuh..kalau saya sih kebagiannya dalam hal perawatan saja..yah sekarang belajar membiasakan ikut nanam2 juga..

Di rumah tuh ada pohon belimbing, jambu air, jambu batu bangkok, mangga manalagi, rambutan, belimbing wuluh, cincau, pete kecil, sawo, delima, kelor (kata adik saya sih kelor tuh jangan dimatiin karena sekarang pohonnya udah jarang banget, kelor bisa digunakan untuk penangkal santet dan berbagai ilmu hitam lainnya..katanyaaa)..ada juga durian montong yang ga bisa tumbuh2 karena dahannya selalu patah kena bola.. lalu ada kedondong yang tiba2 saja tumbuh karena asal buang biji kedondong (kebuktikan tanah di rumah subur sekali)..

Karena banyak tanaman kadang juga ada aja yang minta..kemarin itu ada ibu-ibu dari RT sebelah minta mangga buat obat..ehm..aneh banget kan..obat apa coba, ada juga buat ibu-ibu ngidam..perkiraan saya sih itu buat obat-obat tradisional yang pakai orang pinter gitu, habis dia mintanya mangga yang langsung dari pohonnya..

di lain hari ada orang yang minta sirih..nah orang ini rumahnya jauh ..katanya sih dia tinggal di jatibening..aduh mas jauh banget buat cari sirih aja..dia dikasih tau sama orang di depan gang kalau di rumah saya ada pohon sirih..Pas ditanya butuh sirih apa, dia bingung..fyi di rumah tuh ada 4 jenis sirih..

sirih yang buat nginang

sirih buat mandi

sirih merah buat penyakit dalam..sayang saya belum memotret yang sirih hitam..masih baru sih..

Jadi buat yang cari buah-buahan atau pohon obat silahkan ke rumah..soal bayaran itu urusan belakangan..hehehe..

link terkait:
piper betle a.k.a sirih

No comments: