Thursday, March 13, 2008

Idola Cilik


Belakangan siang hari saya sering berada di rumah alhasil terbiasalah menonton acara yang namanya idola cilik...itu lho acara yang mencari idola anak-anak..semacam kontes nyanyi buat anak-anak sih..

Pas awalnya iklan acara ini muncul saya berpikiran wah anak-anak jaman sekarang jangan-jangan kalau ditanya apa cita-citanya kalau sudah besar? jadi ARTISSS...sedangkan saya dan anak-anak tahun 80an sih kalau dulu ditanya pasti jawabnya guru, dokter atau polisi..ga ada tuh yang mengenal namanya artis..bukan maksud menyepelekan pekerjaan artis lho ya..kan kalau ga ada mereka juga ga ada tontonan yang enak buat dicela-cela..kenapa sekarang banyak yang mau jadi artis? kalau menurut saya nih karena di pandangan orang awam jadi artis tuh enak, terkenal (dapat pelayanan nomor satu kalau belanja, makan, dll) dan kaya (lihat deh artis-artis yang suka wara wiri di TV..baru beberapa kali main sinetron aja wah dah punya mobil, barang bermerek, punya rumah sendiri) gimana anak-anak kecil ga pada ngiler tuh mau jadi artis..Kalau mau jadi dokter sih sekolahnya susah dan lama (udah gitu lama balik modalnya), jadi guru gajinya kecil, jadi polisi apa abri apalagi, salah-salah meninggal gara-gara latihan pakai peralatan yang udah usang lagi (ups..ini sih cerita berbeda ya..)

Balik lagi ke Idola Cilik..kok saya miris ya lihat adik2 kecil itu..kasihan sekali jaman mereka karena ga punya penyanyi cilik..udah gitu ada yah anak kecil yang ga tau lagu anak-anak semisal bintang kecil, balonku ada 5, burung kakaktua..ihhh parahhh..ehm omong-omong penyanyi cilik jadi inget jaman kecil dulu, kemana ya Melissa yang nyanyi abang tukang bakso..bener ga sih kalau melissa karim yang penyiar itu ya melissa abang tukang bakso?

Please ya buat creativenya Idola Cilik mbok ya ngundang bintang tamunya itu yang anak-anak juga atau ga yang dulu pernah top jadi bintang cilik bawain lagu-lagu top mereka dulu..agak nostalgia..masa acara anak-anak bintang tamunya ussy nyanyi lagu "klik", ST12, dll..kenapa ga undang alika (keponakan alya rohali), tasya, joshua (walau udah remaja),chicio,rachel amanda (dulu kan dia penyanyi cilik yang duet ma opik), atau ga gita gutawa..hanya ada Sherina di the best idola cilik seleb..

Selain itu kok lagu yang dibawakan peserta lagu orang dewasa ya yang isinya cinta-cintaan, selingkuh, patah hati and the genknya..Untungnya pas seleksi ke 12 tiap peserta harus bawain lagu daerah juga..nah ini baru cocok..walau jaman mulai modern setidaknya kita masih mengenal budaya sendiri..

Sama seperti kompetisi idola-idola lainnya IC juga menjual yang namanya kesedihan..aduh bo..sekali sih gpp ya, trenyuh juga tapi kalau tiap episode kok jadi lebai ya..terlalu diekspos..biasa deh orang Indonesia kan suka yang tertindas, merana, jadi aja yang bagus suaranya tapi biasa-biasa saja terlindas..ini umpatan karena idola saya gugur ditengah jalan..hiks..hiks..

Semoga setelah dihasilkan Idola Cilik akan muncul kembali penyanyi cilik penerus Tasya, Sherina, Joshua, Puput Melati, Bondan Prakoso, Eno Lerian dengan lagu yang juga mencerminkan dunia anak..

5 comments:

wiwit wijayanti said...

halo salam kenal!
Minta ijin untuk link tulisan ini di blog saya yaa..
terima kasih :)

Oh ya, untuk yang prihatin dengan program Idola cilik ini, dukung dong petisinya di http://www.petitiononline.com/wrmindo/petition.html

terima kasih lagi :D

uknee said...

silahkan saja mbak di link...salam kenal juga..

Anonymous said...

Zaman sudah berubah...sekarang kalau ditanya cita-citanya apa? Artis...terus entainer.....tapi sah-sah aja, sepanjang mereka juga tahu suka dukanya serta persaingan untuk tetap eksis di dunia tsb tidak mudah.

Dan jujur aja, dunia tsb persaingan ketat, harus kerja keras, kreatif kalau mau bertahan lama...dan tak ada jaminan hari tua (jadi mesti pandai-pandai berinvestasi).

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

romi said...

idola cilik cenderung merusak dunia anak2...