Monday, March 20, 2006

Kerang hijau teluk jakarta berbahaya


kali ini menulis hal serius..aku belum pernah menulis tentang biologi dan lingkungan..2 hal yang sebenarnya sangat aku kuasai..Isdrajad s dalam disertasinya untuk menempuh ujian Doctor di IPB mengatakan bahwa kerang hijau di perairan teluk jakarta tercemar..buat saya yang suka makan kerang hijau tentu saja hal ini mengagetkan sekaligus membawa ketakutan tersendiri..akhirnya berusaha mencari tahu sejauh mana pencemaran itu terjadi..dan ternyata pada situs oseanografi lipi juga pernah dimuat jurnal yang mengatakan kalau kerang hijau di perairan Indonesia terkontaminasi organoklorin persisten..What?? ko hal seperti ini saya baru tahu ya..padahal beberapa bulan belakangan ini saya suka sekali makan kerang hijau kalau kebetulan sedang di restaurant seafood..sedangkan kita ga pernah tau apakah kerang itu berasal dari teluk jakarta atau bukan..masa setiap beli harus tanya ..kalo abangnya ga tau gimana..kan jadi parno sendiri...
kandungan logam seperti tembaga (Cu), kadmium(Cd),Merkuri(Hg),Seng(Zn), di teluk jakarta dinyatakan jauh melewati batas aman berdasarkan kep Menteri KLH tahun 1988..n sekarang sudah 2006 pasti lebih dari itu..Sebenarnya logam2 tersebut tidak berpengaruh terhadap proses biologis kerangnya..tapi kan kalau kerang itu dikonsumsi manusia akan berbahaya karena logam tersebut masih tersimpan di tubuh kerang walau sudah dicuci selama 24 jam..lama-lama logam tersebut akan menumpuk di dalam tubuh jika kita makan kerang tersebut..dan bisa2 kanker deh..ngeri banget..
Seorang teman membesarkan hati..selama ini aku tinggal dijakrta dengan tingkat polusi yang tinggi toh masih baik-baik saja..masih bisa tahan..jadi kalau mau kurangilah makan kerang hijau..yah berarti mengurangi kesenangan..masalahnya kalau kerang saja sudah mengandung racun bagaimana dengan binatang air lain yang hidup di teluk jakarta???

http://www.oseanografi.lipi.go.id/oldi37thn051.pdf

No comments: