Wednesday, August 22, 2007

Sertifikasi guru yang bikin stress

Saya bukan guru tapi uji sertifikasi yang diperuntukkan bagi guru telah menyita seluruh tenaga, waktu dan pikiran saya seminggu belakangan ini (seperi status ym saya belakangan ini)..Ibu saya adalah seorang guru yang harus menyiapkan portofolio untuk sertifikasi hanya dalam waktu 1 minggu..Sedangkan dia tuh buta sama yang namanya komputer, alhasil sayalah sang anak yang kebetulan ada dirumah yang harus membuat segala macam tetek bengek untuk sertifikasi huh betapa beruntungnya adik2 saya yang tinggal dibandung..sedikit cerita dari sertifikasi guru di Bekasi..

Sekitar tanggal 15 agustus, nyokap dapat pengarahan kalau harus mengumpulkan portofolio dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) tanggal 23 Agustus..Gila aja masa dalam 1 minggu harus mengumpulkan portofolio plus bukti2 pendukung portofolio itu..apa ga punya otak yah tuh yang kasih instruksi..Untunglah nyokap cukup rapih dalam menata dokumen2nya..jadi tinggal dicari dan dilegalisir..dan untunglah nyokap punya anak yang cantik nan baik hati ini..huahaha..yang kebetulan lagi libur kuliah jadi bisa mengerjakan semua ketikan2 itu secepatnya..yah kan nyokap gaptek komputer..Semua bukti penunjang portofolio seperti piagam2, sertifikat, dll harus dilegalisir oleh pejabat setempat..kebayang aja tuh pejabat tanda tangan beribu2 lembar dalam waktu singkat..Setelah tugas nyokap selesai mulailah dengan teman2nya yg minta bantuan juga..yah tapi lumayanlah ada bayarannya..hihihi..ini cara saya memanfaatkan momen..ya iyalah..gimana enggak..selama seminggu ini saya banting tulang ngerjain tugas2 mereka itu..dari pagi sampai malam di depan compie terus..walau kadang diselingi chatting plus browsing ketika mereka memperbaiki apa yang telah saya buat..sampai2 badan pegel semua plus mata kelelahan..Hebatnya tuh tugas buat 4 orang saya selesaikan tepat waktu ..mode on: sombong..

Yang gue sebel tuh yah buat pejabat2 DIKNAS yang mengadakan sertifikasi guru :
1. Mbok ya portofolionya tuh bisa didownload di situsnya..jadi kan ga perlu ngetik ulang..ehm sebenarnya belum cek sih di situsnya ada apa ga..tapi terakhir saya lihat ga ada..jadi kalau ada di situsnya kan bisa mempercepat proses..tinggal download dan isi aja deh kolom2 didalamnya..jadi kan ga nyusahin guru2 yang sudah gajinya kecil masih dibebani oleh biaya rental compie..

2. Jangan suka berubah2 deh pengumumannya, sudah waktunya sempit eh adalah yang dirubah..silabus ga bisa harus RPP, yang covernya diganti, tambah nomor peserta, dll..Pokoknya tiap hari sebelum hari pengumpulan sesuatu bisa terjadi..memang pengalaman, klo ngerjain tugas nyokap mending difixnya detik2 terakhir karena suka berubah2..apa ini cuma di Bekasi saja ya..

3. Hei!!! Kalo sosialisasi tuh yang benar, masa cuma dikasih waktu satu minggu, kalo legalisir ijazah habis, terus tinggal di Bekasi n Kuliah di Bandung, kan betapa menyusahkannya..Gosipnya sih ini permainan pejabat..Karena menurut pengamatan saya di Bekasi tuh ada pejabat yang memanfaatkan momen ini, jadi dibuatin sampai beres bayar sekian..dan ini benar lho..terjadi pada beberapa teman nyokap yang saya kenal sangat baik..jadi bukan buatan sendiri..Karena waktu yang sempit ini, nyokap tak bisa memasukkan pengalamannya sebagi RT karena SK pas dia jadi bendahara RT tersimpan sama alm ketua RT yang ketika dicari keluarganya tidak menemukan sedangkan mau minta lagi ke kelurahan tidak sempat..kan lumayan tuh buat tambahan portofolio..

Sebagai orang Indonesia yang selalu ada untungnya, untunglah nyokap punya saya yang dulu jadi editor buku pelajaran..Berdasarkan pengalaman ini jadi saya bisa membuatkan RPP plus jam2nya itu walau ga pernah ngajar..hihihi

Oh ya kalau buat kebijakan tuh jangan nyusahin..untuk memenuhi persayaratan sertifikasi ini saja menghabiskan uang beratus2 ribu..Demi naik gaji 100 %...

2 comments:

Arnas said...
This comment has been removed by the author.
Arnas said...

ibu saya juga seorang guru SD. saya di suruh mencari informasi membuat sertifikasi guru.apa yang harus di persiapkan untuk membuat sertifikasi guru,isi dari portofolio apa. boleh saya minta softcopy portolio dan kirim ke email saya (harnaz.raja@gmail.com).terima kasih atas perhatiannya

Salam
harnaz