Monday, June 05, 2006

Hari Lingkungan Hidup

Ah..sudah lama saya tak berkecimpung dengan perayaan Hari Lingkungan Hidup yang kebetulan bertepatan dengan hari ini. Hari itu seperti hari-hari biasa lainnya yang terlewat begitu saja. Semenjak reformasi berguling saya jarang merayakan hari besar tertentu dan tak pernah menyaksikan keramaian itu. Jangankan hari lingkungan hidup, sepertinya 17 agustusan saja terlewat begitu saja.

Semenjak pindah dan bekerja di Jakarta secara otomatis saya tak lagi berhubungan dengan komunitas peduli lingkungan, hal ini berbeda sekali dengan ketika saya masih kuliah di Bandung. Kalau ada acara tentang lingkungan pasti saya berusaha untuk mengikutinya (maklum anak biologi sih). Mungkin ketidakpedulian saya saat ini karena saya belum menemukan wadah baru di Jakarta.

yah setidaknya saya sekarang berusaha memulai dari diri sendiri saja, bagaimana agar lingkungan kita tak tercemar, agar tetap layak kita tinggali..
Mungkin hal2 kecil seperti ini bisa kita lakukan..
  1. Jangan Buang Sampah Sembarangan. Saya paling benci melihat orang buang sampah sembarangan, walau itu hanya bungkus bekas permen. Sediakanlah tempat sampah ditas anda (cukup plastik saja) jadi kalau anda tidak menemukan tong sampah anda dapat menyimpannya di tas sampai menemukan tempat sampahnya. Saking suka protes kalo ada tmn yg buang sampah seenaknya sampai2 jeng L ga berani buang sampah di depan saya.
  2. Tidak merokok pada tempat umum. Lihatlah sekeliling kalau ingin merokok. Selain berbahaya bagi kesehatan juga berbahaya bagi kantong..hehehe. Perokok pasif lebih rentan daripada perokok aktif, jadi janganlah meracuni orang lain.
  3. Buatlah teduh rumah anda. Tanamilah rumah dengan berbagai macam tanaman. Apotih hidup mungkin lebih baik, jadi kalau ada yang sakit tidak perlu repot, cukup cari obatnya dihalaman rumah.
  4. dll

Kalau sampai slogan jangan menebang pohon atau menggunduli hutan sih itu agak susah menerapkannya. Pendidikan lingkungan bagi anak2 mungkin juga merupakan salah satu usaha yang baik, setidaknya sejak kecil mereka sudah ditanamkan bagaimana menjaga lingkungan sekitar sebagai aset masa depan.

2 comments:

Awan Diga Aristo said...

(dziiing)

sy malah ga tau kalo kemaren hari lingkungan idup :p (bisanya ngerusak doang nih sayah...)

uknee said...

tak banyak ornag yang tahu tgl 5 hari lingkungan hidup..krn dulu kul di bio saja jadi tahu..:D