Monday, April 03, 2006

renungan untuk hati..

kamis sore ditengah perjalanan pulang ke rumah..di bis tanah abang-bekasi..tiba2 saja pikiran itu terlintas di otakku..sebuah pertanyaan tentang keimanan..bagaimana jika aku tak usah lagi sholat..apa yg terjadi padaku..toh selama ini jalan hidupku biasa2 saja..aku sering punya khayalan2 gila dalam otakku..kadang aku berpikir..enak juga ya kalo dulu gw ga memutuskan untuk pake jilbab...pasti sekarang ini gw kemana2 pake tanktop krn udara jakarta panas menyengat..or mungkin gw dah jadi sekretaris kali..ga akan kuliah dijurusan biologi..keluar masuk club tanpa org memandang dengan pandangan jengah..ehm tapi kalo dipikir2 lagi apapun keputusan yang telah gw ambil itu memang jalan yang ingin gw lalui..
balik lagi ke soal sholat..terus terang aku paling suka kalau tiba2 aku datang bulan..kan aku ga perlu repot2 meluangkan waktu untuk sholat n segala rutinitas keagamaan..tapi disisi lain aku merasa kosong..tak ada lagi yang menjadi benteng aku melakukan apapun..kalau aku ingin sesuatu,aku tak tau harus meminta kepada siapa..berarti aku harus menunggu sampai masa datang bulan itu lewat..selama ini aku tak pernah terlalu perduli org mo beragama apa..mau atheis sekalipun..yang penting dia yakin dengan pilihannya..
Dulu ketika semasa SD aku pernah menangis karena pelajaran agama..aku sama sekali tak punya basic belajar agama..karena aku terlahir dari kedua orantua yang islam maka ikutlah aku pada agama mereka..dan orangtuakupun saat itu tak begitu mengerti apa itu islam..tahulah kalian bagaimana kondisi saat itu..org pakai jilbab saja tak boleh..belajar agama bukanlah hal yg populer..yang penting agama yg tercantum di ktp..urusan ibadah dgn yang kuasa urusan belakangan..yang penting lebaran ikutan lebaran..nah saat itu diantara teman2 sepermainanku sepertinya aku satu2 yang tak bisa mengaji dan itu merupakan sebuah aib bagiku..waktu itu aku merasa akulah paling pintar diantara mereka..tak boleh ada yang menyaingiku..kebayang gimana sebelnya aku..kalau hal yg lain aku bisa menghapal..tapi kalau mengaji..wassalam saja..untunglah ada seorang penjaga sdku(kebetulan rumahku sebelahan dgn SDku) mau mengajar ngaji buat anak2 di sekitarnya..ikutlah aku belajar..lumayan buatku dan akhirnya ibuku menyekolahkanku di madrasah..jadi kalau pagi sekolah umum dan sore madrasah(MITA)..di madrasah ini yang lain memulai sekolahnya sejak mereka kelas 2 atau 3 SD maka aku baru memulai kelas 5..yah dapat ditebaklah kalau aku selalu dapat ranking..hehehe
pengalaman sekolah madrasah merupakan hal yang berharga buatku..dari situ aku mulai mengerti agama yang aku anut itu seperti apa..tidak hanya mengikuti apa yang orangtuaku yakini..dan itu jadi basic buatku untuk melangkah..saat ini aku kangen dengan teman2 madrasahku karena semenjak aku keluar aku tak pernah lagi mendengar kabar mereka..
beberapa waktu belakangan ini aku merasa jauh..ibadah hanya merupakan sebuah rutinitas bagiku..tak ada lagi esensinya..aku mencoba mencari cara untuk menaikkan kembali semangat itu...biasanya kalau jatuh cinta semangat itu timbul..tapi enath mengapa sekarang aku sulit untuk jatuh cinta..tertalu pasrah...kayanya masih terbawa emosi beberapa bulan lalu..masih takut untuk melangkah..
belakangan ini aku suka nonton sinetron cincin..aku suka ma yg main levi..baru kali ini aku suka pemain indonesia..lho apa hubungannya ya sama crt ttg agama diatas..:D,minggu kmrn aku ntn aksi selebritis..rutinitas di hari minggu..habis jam segitu gak ada acara yg menarik..film kartunpun sudah tak ada lagi kecuali film2 robot di indosiar n gosip..nah di aksi selebritis itu ada si levi tea..oh my god gw ga nyangka aja..dia sholat dengan rajin..kalo azan lsg sholat..aje gila..merasa tertohok deh..aku aja baru sholat kalau jam sudah menunjukkan akan hadir waktu sholat berikutnya..puihhh..seorang artis yang biasanya dugem nmr satu..sholat aja ampe dibela2in gitu..semakin ngefans aja nih..hihihi..jadi malu sendiri..
akhirnya aku menemukan semangat itu kembali...jgn kalah ma dia dong..n siapa tau qt akan mati esok hari...karena kita kan ga tau maut itu kapan akan datang..jadi sebelum disholatkan maka sholatlah dahulu..jgn sampai menyesal nantinya..

No comments: