Friday, April 21, 2006

Kartini

Ibu kita Kartini putri sejati
Putri Indonesia harum namanya..
Hari ini adalah hari peringatan atas kelahiran kartini..pejuang emansipasi wanita di indonesia..hari ini dan mungkin esok pastinya banyak anak sekolah berpakaian nasional terutama kebaya..lucu juga melihat anak sd atau tk berdandan dgn kebaya..berlarian atau abhkan susah jalannya karena harus memakai kain..pastinya banyak lomba yg berhubungan dengan kewanitaan diadakan..mulai dari lomba kartini2an sampai lomba masak nasi goreng..lho apa hubungannya ma kartini..yah yg penting ikut meramaikan..n sesuai dengan kodrat wanita..di dapur..
sebenarnya apa sih emansipasi wanita?pertanyaan yang terus menggelitik semenjak saya beranjak dewasa..persamaan derajat dengan pria atau persamaan hak dan kewajiban dengan pria..entahlah sampai sekarang aku tak mengerti apa emansipasi itu..yang aku tau kita sebagai wanita harus mampu menentukan sikap..tanpa bisa ditekan oleh siapapun..oleh kaum lelaki sekalipun..bagiku memutuskan untuk jadi ibu rumah tangga..di rumah, mengurus anak, memasak sesuai dengan kodrat wanita sama mulianya dengan bekerja membantu suami mencari tambahan penghasilan dan untuk egonya sendiri(sepertinya saya sudah mulai melantur..)..bagiku ketika ia memutuskan untuk tetap dirumah sesuai dengan keinginannya itu sudah merupakan emansipasi..emansipasi bukan hanya ditandai dengan sepak terjangnya di luar rumah..
soalnya aku miris melihat anak2 sekarang..besar ditangan pembantu walau memang tak jarang kita mendengar kehebatan seorang wanita didalam bidang yang ia tekuni yang kadang melebihi kehebatan pria..tapi sebagai wanita kita juga harus sadar dimana kodrat kita..(tulisan ini agak ga saling nyambung nih..hehehe..)..hbs yang saya tau selama ini emansipasi selalu dihubungkan dengan kehebatan mengalahkan kaum pria..bukannya pria dan wanita diciptakan untuk saling melengkapi..

No comments: