Tuesday, July 31, 2007

Bangun rumah ala orang Jawa

Gw ga tahu apa ini terjadi di keluarga Jawa lainnya atau di keluarga gw saja..padahal keluarga gw ga jawa2 banget..asalnya saja Jawa Timur..yang bukan tipikal orang jawa lainnya (baca: Solo or Yogya nan lembut)..

Sepupu gw kan mau bangun rumah..Karena hal inilah gw jadi tahu printal printilnya yang dilakuin orang Jawa kalau bangun rumah..Sebelum memulai pekerjaan harus dicari hari baik sesuai dengan tgl lahir sang pemilik rumah..yang "weton"nya pas..alah ribet banget kan..trs untuk naikin genteng saja juga harus pas tanggalnya..kaya sepupu gw..dia mulai kerjanya tgl 22 juli kemarin..trs hari ini katanya mulai berdirinya rumah..nah ini gw ga ngerti berdiri tuh maksudnya apa ya..Hari2 baik itu katanya sih biar rumahnya nyaman trs n kehidupan lancar aja..ga ada halangan yg berarti..

Selain menentukan hari baik juga ada acara selametan..yang segala bikin ingkung lah..selametan aja bingung mo pake yg lauknya apa..gw baru tau yang namanya selametan n sesajen tuh ada macemnya..maklum aja walau gw lahir di magetan tapi kan gw besar di bekasi..jadi hal2 kaya gitu sih gw ga ngerti n bukannya di agama ga ada ya hal2 spt itu.. Yang paling gw inget dari rumah gw (gw cukup besar ketika rumah gw dibangun) adalah di kuda2nya rumah gw tuh ada bendera merah putih, ini katanya melambangkan cinta tanah air..gila nasionalis banget kan orang jawa itu..Selain itu ada juga emas, seinget gw dirumah gw sih ada cincin, tapi kata nyokap zaman sekarang udah ada mur emas..yah paling cuma 0,5 gr gitu sih..Ini melambangkan kemakmuran(ini sih bisa2nya gw.hehehe)..Terus ada padi, andong (sejenis tanaman yang berwarna daunnya merah, ini ada di halaman rumah gw) n kembar mayang..katanya melambangkan kesuburan n semoga penghuninya tidak kekurangan pangan..bisa banget deh gw..Selain itu gw ga tau lagi deh apa yang ditaruh d atap2 itu..

Tapi mungkin barang2 kaya bendera, emas n padi sudah tidak ditaruh lagi atap rumah orang2 saat ini..kan sekarang banyak orang yg langsung membeli rumah di perumahan2 jadi tidak tahu proses pembangunannya..tinggal menempati saja..paling syukuran rumah baru plus kenalan sama tetangga2..

No comments: