Tuesday, July 17, 2007

Akankah ada petani di masa mendatang..

Tulisan di kompas minggu tentang tren liburan anak2 kota cukup menggelitik saya..deu anak kota bo..maksudnya anak2 yang tinggal di kota besar..Di situ ditulis kalo sekarang lagi tren liburan ke desa, outbond..yah sekedar romansa masa lalu..

Ketika anak2 kota tersebut ditanya ada ga yang cita2nya jadi petani..tak ada satupun anak2 itu yang menjawab..What?? Gimana jadinya nih kalo ga ada yang punya cita2 jadi petani, makan apa qt nantinya..aduh yuni..dramatisir sekali sih..Yah memang sih kalo dilihat2..anak2 jaman sekarang (wah ketauan tuanya gw) tuh paling cita2nya jadi artis, penyanyi, pemain sinetron..yah hal2 yang membuat mereka terkenal n mungkin juga banyak duitnya kali ye..

Mungkin tak akan ada yang mau jadi petani, kotor, sudah gitu hidupnya susah lagi, di kampung pula.. sudah gitu kalo musim panen tiba harga gabah turun dan kalau musim tanam tiba harga pupuk naik dan susah dicari..bagaimana hidup jadi petani enak dan mudah kaya, yah kecuali kalau sawahnya berhektar-hektar..mungkin karena ini juga sekarang qt impor beras terus dari negara tetangga.. Ga ada yang mau jadi petani kalau tidak terpaksa..yah terpaksa kecemplung di jurusan pertanian pas kuliahnya (mencari kampus yang gampang masuknya n murah)..Nyatanya banyak lulusan ipb yang notabene institut pertanian bogor bekerja di dunia perbankan atau hal yang jauh dari yang namanya pertanian..Bukan berusaha mendeskreditkan para lulusan pertanian di universitas manapun lho..tapi teman2 saya yang kebetulan kuliahnya di pertanian nyatanya hanya segelintir saja yang tetap pada jalurnya..yang laiannya banyak yang masuk ke dunia perbankan..yah samalah seperti jurusan saya..biologi..mungkin hanya sedikit teman saya yang jadi peneliti, atau kerja masih berhubungan dengan dunia manusia, hewan dan tumbuhan..malah banyak yang bekerja di mandiri, bri, citybank atau bank lain di negeri ini..

Padahal saya mengharapkan banyak petani2 pintar di negeri ini..sehingga swasembada beras terjadi lagi atau bahkan kita tidak perlu mengimpor bahan makanan dari luar negeri..seperti belakangan yang ribut soal susu karena import susu dari australia bermasalah..

No comments: