Sunday, September 22, 2013

Reksadana buat saya

Tahun lalu saya rutin ikut arisan dgn ibu saya yg setiap bulannya 500 rb..jadi saya terbiasa hidup.tanpa si 500 rb itu..lha bulan ini arisan selesai n entah knp ga berlanjut lagi..nah kalau si 500 rb itu mengendap di tabungan pasti akan habis dgn sendirinya tanpa tahu kemana..jadi itu uang hrs di investasikan..

Mencari tau apa yg ingin saya lakukan dengan uang itu..mulai memikirkan investasi di tmp lain selain logam mulia..kebetulan di grup watsap tmn kuliah lagi ngomongin reksadana..kata seorang teman investasi ini bisa dimulai dgn membeli dengan uang ratusan ribu saja..hmmm jadi tertariklah saya..

Dulu seorang teman sma pernah bicara soal reksadana ini, malah pernah kirim email ilmunya..tp saya ga mudeng n ga ngeh..dan saya percaya setiap orang yang dtg ke kehidupan saya punya arti sendiri..seperti teman saya, akhirnya email yang dia berikan baru saya pelajari bertahun-tahun kemudian..hehehe

Bertanya ke teman yang bekerja di bank yang kebetulan suaminya juga bekerja di bank Commenwalth, soalnya dengar dari teman lain kalau dia bikin reksadananya bukan langsung di MI tapi di bank ini..mulailah membaca soal reksadana..

Apa sih reksadana itu, kalau dimata saya, begini.. jadi kita menyerahkan harta kita untuk diinvestasikan melalui si manajer investasi, kalau mau beli saham kan ada minimal harus beli berapanya ya n itu bisa jutaan rupiah minimalnya, kalau beli sendiri di pasar saham harus menyediakan uang yang cukup dan harus memantau terus gejolak yang terjadi..nah kalau di reksadana karena si manajer investasi mengumpulkan dana dari berbagai pihak jadi kita bisa hanya dengan membayar sekian ratus ribu saja..setahu saya sih ada 4 RD, RDPU, RD pendapatan tetap, RD campuran, RD pasar saham..yang ini tergantung dari profil resiko si pemegang dana..dan mau investasi berapa lama..

1.Profil yang moderat, sedikit konservatif itu biasanya RD pasar uang..dimana kita lebih jaga aman aja..ga mau jantung deg-degan, ga mau terlalu rugi, ya iyalah siapa jg ya yg mau rugi..ini resikonya kecil n untungnya jg ga terlalu besar..investasi untuk 1-3 tahun

2. Profil yang balanced, ini biasanya klo ga RD pendapatan (obligasi,dll) tetap ya RD campuran..resiko sedang dgn keuntungan jg lumayan..cocok untuk investasi 3-4 tahun

3. Profil yg suka ambil resiko tinggi ya RD Saham..resiko tinggi dengan keuntungan tinggi pula..saham kan naik turun jadi cocok untuk orang yang suka ambil resiko..untuk investasi lebih dari 5 tahun..

Saat ini kita diberi kemudadahan untuk membeli RD ini, selain beli di MI seperti Manulife, Schoder,BNP paribas, dll atau kalau ga mau repot kita bisa beli di bank seperti Bank Mandiri atau Commonwealth yang bisa dibeli secara manual (kapanpun kita mau) atau autoinvest yang didebit secara berkala dari tabungan kita..

Baru belajarnya segini dulu..belajar sejalan dengan waktu saja..^-^



No comments: