Wednesday, February 06, 2008

32 tahun itu..

Saya paling sebel banget kalau lihat di televisi ada orang yang ngomong.."sewaktu 32 tahun pemerintahannya kita hidup senang..harga-harga murah, mencari pekerjaan gampang"..pengennya bales aja tuh omongan..ini juga karena media-media itu yang ditayangin kok sepertinya tidak berimbang ya..yang baik-baik saja..Dan yang paling sebel lagi kalau di bis terus pengamen (ehm, sebenarnya menurut saya dia bukan pengamen sih, orang nyanyinya ga jelas gitu) bilang " jangan salahkan pak harto, 32 tahun harga murah, cari kerja gampang..salahkan reformasi"..

saya sudah gila kalau saya membalas omongan itu..padahal bibir udah gatel banget mo nyolot..tapi apa daya..gila kali ya nanggepin dia..saya cuma mau memberi sedikit wawasan saja buat orang-orang itu..

Yah karena 32 tahun itu kita selalu dibuai jadilah terlena..begitu dihantam krisis moneter langsung ambruk..32 tahun itu mewariskan hutang buat negara ini..nah sekarang deh kebagian bayar hutangnya..harga-harga murah karena subsidinya tinggi dan subsidi itu hasil utang dan ketika subsidi dikurangi perlahan-lahan jadilah harga-harga sekarang melambung..dulu banyak dibangun industri2 yang ternyata tidak punya fondasi yang kuat jadi ketika ada goncangan langsung ambruk..sekarang juga sedikit ada goncangan ekonomi tapi lumayanlah masih bisa bertahan..tidak langsung ambruk lagi..

Saya bukan antipati sama 32 tahun itu atau membela pemerintah yang sekarang..tapi dari dulu kita selalu dibuai..tidak pernah mengahadapi kenyataan..selalu dikasih yang baik-baik saja di permukaannya..sudah sepatutnya mata kita semua membuka..begini nih negara kita.hancur lebur..yang banjir, gersang, semrawut, yang banyak korupsilah..supaya kita semua bisa sadar dan bisa berbenah diri karena kecintaan kita pada negara ini..

No comments: