Tuesday, May 29, 2007

Iklan menyesatkan..

Minggu kemarin, gw iseng2 baca koran warta kota or nonstop ya..koran yang selalu ada di perpus mikro karena si mbak ai sang penjaga perpus suka membelinya..lumayan lah buat selingan diantara baca buku or jurnal..huahahaha yang ini boong banget..diperpus tuh kerjaan gw paling ngerumpi..

Oh ya balik lagi ke berita di koran, ada sebuah iklan produk ac yang cukup menyesatkan. Di berita itu dibilang kalu itu ac bis membunuh ya atau menahan serangan flu burung. Oh my god! menyesatkan banget nih berita. Di bilangnya sih kalau itu sudah diteliti oleh ipb dan sukses. Benarkah ipb melakukan penelitian tentang avian influenza? Setau gw H5N1 membutuhkan level keselamatan BSL 3, n BSL di Indonesia maybe bisa dihitung sebelah tangan, paling ada di eijkman(gw ga tau nih tmpnya di sebelah mananya) or di IHVCB (Institute Human Viruses n Cancer Biology) UI yang kemarin tuh baru dapat sertifikat terbaik dari sebuah lembaga sertifikasi luar..so ga mungkin ipb melakukan penelitian H5N1, apa dia pake BSL 2 yang bisa membahayakan individu n masyarakat sekitar, nekad banget!! Pas kemarin gw ikut semianr biosafety, Bu Debby (dosen farmasi itb) bilang kalo dia denger salah satu universitas meneliti flu burung dengan BSL 1, dia berharap sih berita ga bener, tapi klo dilhat dari iklan itu who knows lha yaw.. Setau gw UI ga deh, temen gw yang mo meneliti H5N1 aja lagi bingung cari lab, di luar or di IHVCB cos di mikro ga bisa..

Iklan itu juga menyesatkan..apakah sebuah ac bisa mengatasi flu burung, kalo gitu pemerintah beli aja ac sebanyak2nya.. berapa ac yang dibutuhkan untuk membunuh H5N1? sedekat apa jarak AC denganH5N1 sehingga bisa membunuhnya..H5N1 kan melalui unggas, jadi kalau gitu pasang AC aja di peternakan, masalah beres kan? Apakah sesimpel itu, gw rasa sih ga, kalau gitu ga mungkin dong indonesia jadi negara nomor satu terjadinya kematian akibat H5N1. Zaman sekarang emang kita harus cermat membaca sebuah berita karena banyak yang menyesatkan..

No comments: