Monday, June 18, 2007

Selamat lulus SMA

Adik gw yang Cewek akhirnya lulus SMA juga..Tidak seperti jaman gw n adik gw yang ini, yang ujian ebtanas tuh selintas lewat, karena dulu saya tak pernah serius belajar Ebtanas, lebih terfokus pada belajar untuk UMPTN..Kenapa saya tak serius belajar Ebtanas? Karena selama 3 tahun saya merasa saya sudah menjadi pelajar yang baik dan tidak neko2, selain itu nilai2 saya lumayan bagus. Jadi 90 % pasti saya lulus SMA. Dengan pola pendidikan saat ini, nilai UANlah yang dijadikan patokan..Ujian 3 hari yang sangat menentukan..seperti tulisan saya yang dulu2..buat apa sekolah capek2 selama 3 tahun, menjadi pelajar yang baik selama 3 tahun jika nilai UAN rendah, pasti tidak lulus.. ini dia nich yg baru lulus sma

Apa yang dilakukan pemerintah dengan peta tingkat kelulusan UAN? Saya percaya, setiap kebijakan ada tujuannya. Pemerintah selalu menutup mata dengan protes-protes yang ditujukan terhadap pelaksanaan UAN karena mereka berpikir UAN adalah solusi terbaik untuk melihat kecerdasan bangsa ini? Setelah mereka mendapat peta tingkat kelulusan UAN per daerah apa yang dilakukan pemerintah terhadap pendidikan di daerah2? Pastinya tingkat kelulusan UAN di daerah2 berbeda karena seperti qt ketahui program pendidikan yang diberikan kepada murid tiap daerah berbeda2. Ada daerah yang tingkat kelulusannya tinggi, mencapai 100 % seperti Jakarta misalnya, atau bahkan ada daerah yang tingkat kelulusannya rendah.
salah satu sma di NTT 43 siswanya tidak lulus? Apa yang dilakukan pemerintah terhadap sekolah ini?
Apakah pemerintah menambah fasilitas sekolah, perpustakaan bukunya lebih diperbanyak lagi, diberi fasilitas internet sehingga tahun berikutnya tingkat kelulusan menjadi tinggi. Logikanya jika pemerintah terus menggunakan sistem UAN sebagai standarisasi pendidikan, maka pemerintah harus concern terhadap sekolah2 dengan tingkat kelulusan rendah. Apa gunanya UAN jika ketika ujian itu dilaksanakan dan nilai telah keluar lalu nilai itu tak digunakan sebagai acuan untuk program pendidikan pemerintah selanjutnya, dan data yang ada hanya dimasukkan gudang saja . Setelah kurang lebih 4 tahun UAN dilaksanakan saya tak melihat pemerintah menggunakan nilai UAN sebagai acuan mereka untuk menata pendidikan negeri ini. Seyogyanya nilai itu digunakan sebagai acuan program pemerataan pendidikan di negeri ini. Jadi buat apa diadakan UAN jika tidak ada kelanjutan dari nilai UAN itu sendiri?

Sekiranya 4 kali pelaksanaan UAN sudah cukup dijadikan modal bagi pemerintah untuk membuat program pendidikan yang lebih baik guna meningkatkan kecerdasan bangsa ini.

ps: Selamat ya de..but you have one test again to reach your dream..so, study carefully and pray to the god..

No comments: