Wednesday, April 09, 2008

Tingginya rating sinetron

Dulu saya suka heran gimana tuh sinetron2 Indonesia bisa panjang banget episodenya, ceritanya dibolak balik ampe jungkir balik padahal menurut saya siapa juga yang mau nonton..Akhirnya saya tahu darimana rating sinetron yang konon tinggi itu berasal..

ternyata kalau dikampung-kampung banyak lho yang nonton sinetron2 itu..ya iyalah..wong ga ada acara lain..bagaimana bisa?

pas kemarin pulang kampung ke rumah mbah saya mendapati bude, sepupu dan ponakan2 kalau malam hari kerjaannya nonton sinetron2 itu, mulai dari jelita atau suci, mentari atau cinta bunga, cahaya atau azizah, dan cinta fitri..Di rumah simbah metro TV ga jelas, alhasil ikutlah nonton sama mereka..ya, tidak ada pilihan bagi mereka untuk nonton yang lain, karena hanya stasiun2 TV itu saja yang jelas di kampung2..mau nonton film2 luar, lah mereka ga ngerti, baca text dibawahnya agak susah ya terpaksa mau ga mau mengikuti sinetron2 ga jelas itu..

Cari hiburan lain? susah banget..ga ada internet..lha wong yang namanya komputer saja barang langka dan eksklusif.. mau nonton ketoprak, ludruk dllnya di TV lokal yah musti nunggu malam banget..

Itu di kampung si mbah ya, yang tidak punya pilihan tontonan lain..di lingkungan rumah saya ternyata para ibu juga suka nonton sinetron2 ga jelas itu -hasil dari obrolan di sore hari-..ternyata ya tetangga2ku itu hobi nonton sinetron..Kalau di rumah sih jarang2 banget..berhubung saya yang menguasai remote jadi nyokap nurut aja..dan berhubung saya lebih suka nonton berita makanya nyokap akhirnya ikut-ikutan nonton berita..dan berhubung lagi nyokap sibuk kerja jadi dia tak pernah bergosip tentang sinetron2 ga jelas itu kecuali pas hari minggu saat merapikan tanaman di halaman, paling sih dia bilang ke ibu2 tetangga " ah males nonton sinetron2, ceritanya sudah ga tau kemana.."

Coba sinetronnya diganti dengan cerita lain yang lebih masuk akal ratingnya juga sama tingginya..Jadi tergantung pada PH dan stasiun TV, mau memberikan tayangan yang bermakna atau tidak..pemirsa hanya bisa menerimanya saja..

No comments: