Tuesday, April 01, 2008

Backpaker


gara-gara baca profilnya di koran kompas, jadi tertarik untuk membaca petualangannya menjelajah dunia.. kalau mau baca profilnya Agustinus wibowo lihat saja disini..

atau kalau mau baca cerita-cerita perjalanannya bisa klik di kompas.com terus klik bagian travel dan klik deh petualang..

yang sekarang ada di kompas.com tuh cerita perjalanannya ke negara-negara stan, afghanistan, kyrzystan, dll..yang sebenarnya sih saya ga tau tuh negara ada di mana..taunya cuma afghanistan saja..itu juga gara-gara Amerika masuk ke afganistan demi menguasai kokainnya..mencari Osam bin Laden sih cuma alasan saja..buktinya sampai sekarang ga nemu juga tuh Osama bin laden..ngakunya sih punya badan intelejen tersohor di dunia tapi ga guna.lho kok jadi cuap-cuap amerika sih..

Membaca cerita perjalanannya (walau baru sampai cerita ke-17) saya merasa beruntung tinggal di Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya..Indonesia bukanlah Afghanistan yang sulit bagi wanita untuk mengembangkan dirinya..bergaul saja sulit..Indonesia bukanlah negara yang berakhiran Stan lainnya yang sedang dilanda kesulitan hidup..

Dilain pihak merasa tertohok juga dengan penduduk negara stan tersebut..bo, mereka tau dong indonesia (setidaknya pernah mendengar)..sedangkan saya yang ngakunya pintar (tapi bodoh soal geografi) ga tau dong yang namanya negara2 stan itu sebelum membaca ceritanya agus..selain itu gila ya negara mereka tuh miskin, cari kerja aja susah, ditambah lagi biaya hidup yang tinggi tetapi disana tidak ada yang namanya pengemis..jangan dibandingkan dengan Indonesia..di Indonesia banyak pengemis bertebaran, kalau pengemis ini diberantas pasti banyak kalangan yang protes..Ya itulah mental penduduk Indonesia yang harus diperbaiki, termasuk saya..

Ada juga cerita 2 negara yang terpisah oleh sungai, yang satu dijajah Uni Sovyet dan yang satu dijajah Inggris (Afghanistan)..walau hanya dibatasi sungai tapi warga dua negara tersebut tidak pernah bisa bertemu..banyak keluarga yang tercerai berai..yang satu iri dengan negara tetangganya dan yang satunya juga iri dengan negara tetangganya..ah memang rumput tetangga lebih menggiurkan..

baca-baca ceritanya jadi pengen jalan-jalan juga..impian saya adalah bisa berkeliling Indonesia..

Foto :
diambil dari ceritanya juga, patung somoni di dushanbe, Tajikistan

No comments: